Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perencanaan Untuk Situasi Keuangan Darurat

Perencanaan Untuk Situasi Keuangan Darurat - Situasi keuangan darurat dapat terjadi pada siapa pun dan setiap latihan pengaturan keuangan tidak ideal tanpa perencanaan untuk acara-acara seperti itu. Seluruh gagasan memiliki dana darurat adalah untuk menawarkan bantal terhadap biaya tak terduga.


Ini akan memastikan itu tidak berdampak negatif pada kondisi keuangan Anda dan tidak merobek seluruh keamanan finansial.

Ada banyak keadaan yang dapat menyebabkan keadaan darurat keuangan seperti tiba-tiba sakit, kecelakaan, darurat medis, perbaikan rumah darurat, kehilangan pekerjaan, perbaikan mobil darurat, dan banyak lagi.

Alasan utama untuk memiliki dana darurat sangat jelas karena ketika seseorang jatuh ke dalam situasi keuangan darurat, mereka harus memutuskan tabungan mereka atau membuat kompromi untuk mendapatkan uang yang dibutuhkan.

Tidak jarang menemukan orang yang hanya mengeluarkan kartu kredit mereka dan menggeseknya untuk mendapatkan uang tunai. Menentang opini populer, kartu kredit adalah cara terburuk untuk membiayai keadaan darurat keuangan apa pun. Cara tercepat untuk mendapatkan ribuan dolar untuk mendapatkan pinjaman mobil adalah bukan solusi jangka panjang tetapi solusi jangka pendek.

Dalam keadaan di mana Anda telah mengambil uang muka dengan kartu kredit Anda untuk mendapatkan uang yang dibutuhkan, perusahaan kartu kredit akan mengenakan biaya uang muka dengan suku bunga. Ini adalah cara yang sangat mahal untuk meminjam dan mengelola keuangan untuk situasi darurat.

Oleh karena itu, berapa jumlah terbaik yang harus disisihkan sebagai uang darurat? Ada beragam pendapat tentang itu. Beberapa ahli profesional setuju bahwa penghasilan bulanan minimal 3-6 bulan harus disisihkan untuk situasi darurat. Jumlah ini dapat berbeda menurut status perkawinan, ukuran keluarga dan gaya hidup.

Setiap orang harus memesan uang ekstra jika terjadi keadaan darurat. Tapi, jumlah yang harus dipesan tergantung pada penghasilan dan pengeluaran bulanan Anda. Jumlah yang diperlukan untuk dana darurat Anda terbuka untuk diperdebatkan, jumlah minimum harus cukup untuk menutupi pengeluaran Anda untuk kehidupan sehari-hari selama minimal 3 bulan. Ini juga ideal untuk disimpan selama 6 bulan meskipun beberapa penasihat keuangan setuju dengan nilai tunai setahun penuh.

Dana ini harus disisihkan dalam suatu instrumen, yang mudah tersedia saat dibutuhkan. Bisa berupa uang di rekening bank, uang tunai, dana cair, atau deposito tetap. Ini akan memastikan dana selalu dapat diakses secara instan atau dalam waktu singkat ketika dibutuhkan.

Di mana Simpan Uang

Situasi Anda dan apa yang bisa memberi Anda ketenangan pikiran adalah faktor-faktor yang dapat membantu Anda menentukan seberapa hati-hati Anda ingin menjadi. Simpan dana darurat Anda di suatu tempat yang aman dan mudah diakses karena Anda mungkin diminta untuk mendapatkan uang tunai ketika keadaan darurat muncul. Pilihan terbaik yang Anda miliki adalah membuka rekening pasar uang atau rekening tabungan. Tapi, selalu periksa tawaran mereka berkaitan dengan tingkat bunga, saldo minimum, dan ketentuan lainnya.

Ketika Anda berpikir Anda sudah cukup menabung, Anda bisa berhenti. Anda sekarang dapat tidur lebih mudah dan mencoba untuk mulai menempatkan tabungan ekstra Anda ke rekening dan investasi yang lebih menarik dan kurang dapat diakses.



Posting Komentar untuk "Perencanaan Untuk Situasi Keuangan Darurat"